• 1. 6 Alasan Pengunjung Membenci Blog Anda
  • 2. Cara Menigkatkan Trafik Dan Pagerank Dengan Jutaan Pengunjung
  • 3. Cara Meningkatkan Pagerank Dan Jumlah Pengunjung Dengan Link Refferal
  • 4. 7 Cara Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google
  • 5. Tips Gratis Meningkatkan Traffic Blog
  • 6. Blog paling di benci pengunjung dan google
  • 7. 8 Alasan Pengunjung Menyukai Blog Anda
  • 8. Cara Memasang Widget Live Traffic Feed Feedjit di Blogger
  • 9. Cara Memasang Widget Histats di Blogger
  • 10. 4 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung
  • 11. Cara Membuat Blog Dofollow (Untuk blogger yang ingin meningkatkan posisi SERP blog mereka)
  • 12. Dofollow (backlink yang bisa membantu sebuah web/blog untuk meningkatkan pagerank)
  • 13. Membuat Tab View Sederhana Di Sidebar
  • 14. Cara membuat Kotak Tukaran Link / Link Excange di Blog
  • 15. 5 Keuntungan Membacklink Postingan Orang Lain
  • 16. Rahasia Blog Berbahasa Indonesia Go Internasional
  • 17. Rahasia Mendapatkan 100 Pengujung Blog Perhari
  • 18. Perbedaan Blog Dofollow dan Blog Nofollow
  • 19. Meratatengahkan Judul Pada Widget Blog
  • 20. Menyatukan Beberapa Widget Dalam Satu Tempat Dengan Efek Marquee
  • 21. Cara Membuat Kotak Kode HTML Dengan Warna Pada Postingan
  • 22. Daftar Adsense tanpa Blog
  • 23. Membuat Menu Navigasi Slide Horizontal Blogspot
  • 24. Cara Agar klik kanan disable atau NO COPAS
  • 25. Tips Mendongkrak Alexa Rank Blog Anda
  • 26. Tampilan Baru Blogger
  • 27. Cara Mengembalikan Permanen Link yang Asli
  • 28. Cara Menambahkan Judul Posting dibelakang Baca Selanjutnya(Read More) di Blogger
  • 29. Cara Membuat Gadget "Follow by Email" di Blogger
  • 30. Cara Membuat Kotak "Like" Facebook Di bawah Postingan Pada Blogspot
  • 31. Cara Membuat Related Posts Untuk Blogger
  • Monday, October 31, 2011

    Makanan Yang Menyehatkan dan Memperpanjang Umur


    Masalah Umur memang merupakan rahasia Mutlak Allah sebagai sang pencipta, akan tetapi tidak ada salahnya kalau kita berusaha untuk menjaga apa-apa yang telah dianugerahkan Allah Kepada kita, salah satunya adalah menjaga kebugaran tubuh dan menghindari dari hal-hal negatif yang dapat merusak tubuh. Sebagian besar penyakit yang kita alami berawal dari makanan (apa-apa yang masuk dari luar kedalam tubuh melalui mulut). Berdasarkan penelitian dari para ahli kesehatan,dan ahli gizi mereka menyimpulkan bahwa ada beberapa sayur mayur dan buah yang memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh diantaranya adalah :

    1. Brokoli
    Menurut para ahli, brokoli mengandung lebih banyak vitamin C dari pada buah jeruk, lebih banyak mengandung kalsium dari pada segelas susu dan lebih banyak mengandung serat alami dari pada setangkup roti gandum serta mengandung cukup banyak antioksidan.

    Keuntungan : Sayur brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak anti karsinogen yang dapat merangsang tubuh untuk melawan zat-zat penyebab kanker. Bukan hanya itu saja, brokoli juga berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak, penyakit jantung, radang sendi, bisul dan berbagai virus.

    Penyajian : Anda mendapat keuntungan yang maksimal jika Anda mengkonsumsi brokoli itu dengan cara direbus atau disantap mentah. Bisa juga dibuat salad dengan taburan keju rendah lemak.

    2. Chamomile
    Chamomile masih termasuk keluarga bunga aster dan biasanya tanaman herbal untuk mengobati beberapa penyakit, Chamomile adalah sejenis bunga

    Keuntungan : Chamomile biasanya digunakan untuk mengendurkan urat syaraf. Umumnya digunakan untuk mengurangi stress dan tekanan. Semakin sedikit kadar stress yang Anda derita, maka semakin rendah juga kemungkinan Anda terserang berbagai penyakit yang berkaitan dengan stress. Selain itu Chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan cara membuang “sampah-sampah” tidak berguna melalui ginjal.

    Penyajian : Chamomile dapat dikonsumsi seperti makanan kering atau diseduh. Dapat pula dicelupkan ke air hangat seperti teh.

    3. Cranberries
    Buah yang masih termasuk keluarga berry ini mengandung vitamin C, zat kimia pemberantas bakteri dan mengandung antioksidan

    Keuntungan : Cranberries membantu melindungi terjadinya infeksi saluran kemih, kanker dan juga melindungi masuknya bakteri berbahaya ke organ-organ tubuh.

    Penyajian : Buah ini memang mempunyai manfaat yang “manis” bagi tubuh namun menyantap buah ini mentah-mentah sangatlah asam. Jika Anda senang menyantap buah, coba padukan dengan muffin gandum. Tapi bila Anda ingin mengambil keuntungan maksimal dari buah ini, cobalah meminum campuran jus cranberries dan apel agar rasanya tidak terlalu asam.

    4. Minyak Ikan
    Beberapa ikan seperti salmon, Minyak hati Hiu, mackerel atau ikan haring terkenal sebagai penghasil omega-3. Salah satu fungsi Omega-3 yang banyak dikenal adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kini, berbagai penelitian menunjukkan bahwa Omega-3 memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tidak hanya untuk menjaga kesehatan jantung. Pada American Journal of Clinical Nutrition, tercantum bahwa Omega-3 juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta berkaitan erat dengan lebih rendahnya tingkat risiko asma dan penyakit diabetes tipe 1. Dan kini penelitian terbaru menunjukkan bahwa Omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

    Keuntungan : Mengkonsumsi ikan jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga melindungi Anda agar tidak terjadi stroke dan pembekuan darah di otak

    Penyajian : Anda dapat mengkonsumsi secara mentah seperti menyantap sushi atau bisa juga dipanggang.

    5. Lemon/ Jeruk
    Buah lemon masih merupakan kerabat yang dekat dengan buah jeruk dan buah ini juga mengandung banyak sekali vitamin C. Lemon kaya akan vitamin C, vitamin B, antioksidan dan potassium, mempunyai khasiat sebagai antifungal, antacid, antiseptic, pembersih darah. Kandungan limonoid mempunyai kekuatan dalam melawan kanker payudara, kulit, paru, mulut, perut dan kolon.

    Keuntungan : Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah, ternyata jus lemon juga mengandung sifat sebagai anti bakteri yang mana sangat baik untuk memerangi infeksi di mulut seperti sariawan dan sakit tenggorokan.

    Penyajian : Coba peras buah lemon di atas ikan salmon ketika Anda sedang ingin menyantap sushi, bisa juga dengan meminum perasan lemon yang dicampur dengan air atau menambahkan perasan air lemon itu di salad Anda.

    6. Bawang Putih
    Menurut para ahli, bawang juga kaya akan vitamin c, zat antioksidan dan sulfur. Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Umbi batang mengandung zat-zat:

    1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
    2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
    3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
    4. Belerang
    5. Protein
    6. Lemak
    7. Fosfor
    8. Besi
    9. Vitamin A, B1 dan C.

    Keuntungan : Memang ironis karena bawang membuat nafas Anda kurang sedap tapi ternyata mampu melindungi Anda dari berbagai penyakit pernafasan seperti asma dan radang saluran pernafasan. Tidak hanya itu saja, ternyata bawang juga mampu menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah dan melindungi Anda dari ancaman kanker.

    Penyajian : Cara terbaik untuk mengkonsumsi bawang adalah dengan memakan secara mentah dalam salad atau sandwich. Dan bawang yang terbaik untuk dikonsumsi adalah bawang merah dan bawang putih.

    7. Gandum
    Gandum mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, selain itu juga mempunyai serat alami yang terbaik bagi Anda yang ingin melakukan diet.

    Keuntungan : Jika Anda ingin menikmati hidup panjang dengan tubuh yang sehat, cobalah untuk beralih ke gandum. Gandum berfungsi untuk melindungi gigi Anda agar tidak mudah rapuh dan juga mencegah kekeroposan tulang sehingga Anda tidak terkena osteoporosis. Selain itu gandum juga merupakan bahan makanan yang rendah kolesterol, dapat mengurangi tekanan darah dan memerangi kanker usus.

    Penyajian : Cara penyajian terbaik tidak lain yaitu dengan memasaknya di atas api kecil atau dengan di seduh air panas.

    8. Tomat
    Salah satu kandungan di dalam tomat yang paling bermanfaat adalah lycopene. Lycopene merupakan salah satu jenis antioksidan vital alami. Antioksidan ini merupakan bagian dari keluarga pigmen yang disebut dengan karoten. Karoten merupakan komponen alami yang menimbulkan adanya warna pada buah dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen berwarna orange yang ditemukan pada wortel.

    Keuntungan : Tomat dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh seseorang, mengurangi penyebaran kuman di tubuh dan mengurangi resiko terkena kanker terutama kanker prostat, paru dan kanker usus.

    Penyajian : Menurut para ahli, tomat yang telah dimasak mengandung kadar lycopene yang lebih tinggi dari tomat mentah. Tomat kalengan malah mengandung 3 kali lipat kadar lycopene dari pada tomat segar sedangkan saus tomat mengandung 5 kali lipat kadar lycopene dari pada tomat mentah.

    9. Teh Hijau
    Ingin tahu apa saja kandungan dalam teh hijau yang begitu menyehatkan bagi tubuh ?
    • Antioksidan Polyphenols
    • Para ilmuwan Jepang percaya bahwa antioksidan polyphenols yang terdapat dalam teh hijau adalah bahan sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu mampu mengurangi resiko penyakit jantung, membunuh sel tumor, dan menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker usus, terutama sel kanker kulit. Zat ini dapat membantu kelancaran proses pencernaan makanan melalui stimulasi peristalsis dan produksi cairan pencernaan.
    • Flouride
    • Flouride tergolong sebagai mineral yang dapat mencegah pertumbuhan karies pada gigi, mencegah radang gusi, dan gigi berlubang.
    • Mangan
    • Kandungan mangan yang terdapat pada teh hijau dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah .
    • Kafein
    • Kadar kafein yang terkandung dalam teh hijau berbeda dengan kafein yang terkandung dalam kopi. Pada teh hijau hanya terkandung kafein sebanyak 3-5 %. Jadi jika kita rajin minum teh hijau, maka tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar. Kafein berpengaruh positif pada aktivitas mental, dan dapat memperbaiki proses pencernaan makanan dalam lambung. Pencernaan yang lebih baik akan membakar lemak dalam tubuh lebih efisien. Jika Anda sedang menjalani diet, proses ini membantu usaha untuk mengurangi berat badan. Terlebih lagi jika teh hijau diminum saat perut masih kosong.
    • Tanin
    • Hasil penelitian terakhir tentang teh hijau menunjukkan bahwa kandungan senyawa golongan tanin yang terkandung dalam teh hijau mampu mencegah dan mengobati gangguan ginjal. Sementara itu daun teh yang masih basah dapat digunakan sebagai kompres kulit yang terkena gigitan serangga, terbakar sinar matahari, atau sebagai penyegar untuk mata yang lelah.
    Bagi anda yang ingin teratur menjaga kondisi kesehatan, sangat disarankan agar setidaknya meminum satu cangkir teh hijau, baik panas ataupun dingin setiap hari.

    6 komentar:

    Faisal said...

    Wow, Cranberries ternyata gak cuma jago bikin lagu aja, bisa bikin sehat juga :) Sangat menarik infonya. Salam.

    allshare zone said...

    nice gan,, bisa dicoba,, mgkin umur saya bisa lebih panjang,, ckkckkc
    http://onyxblog94.blogspot.com/

    noorzmilanello said...

    saya tertarik dengan minyak ikan gan!

    Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

    @noorzmilanello : benar gan, minyak ikan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga melindungi kita agar tidak terjadi stroke dan pembekuan darah di otak :D

    Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

    @faisal : bener gan, cranberries bkn cmn bisa nyanyi "zombie" aja, tp jg bs bikin sehat lho...bhaahahaaay, btw thanx's bro :D

    @allshare : thanx's gan kunjungannya :)

    tricajus said...

    beneran artikelnya sangat berkualitas, sangat nyaman untuk disimak :))

    Post a Comment

    Blog ini sudah dofollow silakan komentar di bawah ini

    TUKAR LINK
    Silahkan bagi sobat blogger yang berminat tukar link dengan blog ini, tinggal copas aja kode yang ada di bawah ini. Untuk syarat2nya bisa dibaca di sini, bagi para sobat blogger yg ingin ngecek linknya silahkan lihat di bawah ini :



     

    Blog'e Cah Nganjuk Copyright © 2011 -- Template Powered by Blogger