Pelanggan adalah orang           paling penting di kantor ini, baik dalam wujud pribadi maupun           dalam bentuk surat. Pelanggan tidak tergantung pada kita,           kitalah yang tergantung padanya.Pelanggan bukan merupakan           gangguan terhadap kerja kita, ia merupakan tujuan dari kerja           kita. Kita tidak berbuat kebajikan dengan melayaninya, dialah           yang berbuat kebajikan karena memberikan kesempatan kepada           kita untuk melayaninya (Sumber: Brosur dan poster dari LL           Bean, Inc, Freeport, Maine)Apa yang terlintas dalam           pikiran anda mendengar kata Pelanggan? Banyak orang berpikir           bahwa pelanggan adalah seseorang atau suatu organisasi yang           membeli produk / jasa yang kita tawarkan. Sebagai seorang           SALES seharusnya anda harus melihat pelanggan lebih dari           sekedar dari seseorang yang membeli produk ataupun jasa yang           anda tawarkan. 
Pelanggan sebenarnya           merupakan asset terbesar bagi perusahaan, karena tanpa mereka           perusahaan tidak akan ada. Kelangsungan suatu bisnis mutlak           tergantung dari ada tidaknya perhatian yang besar terhadap           kebutuhan pelanggan. Semakin banyak dan semakin loyal           pelanggan terhadap Anda, maka semakin kuat kemungkinan bisnis           Anda meraih sukses.
Pertanyaan selanjutnya           adalah sudahkah Anda memberikan yang terbaik untuk pelanggan?           Dan pernahkah terpikir oleh Anda Bagaimanakah agar dapat           melayani pelanggan dengan baik? Berikut ini  saya akan           mensharingkan bagaimana agar Anda bisa melayani pelanggan           dengan lebih baik lagi. Kata kuncinya adalah Anda harus peduli           terhadap pelanggan Anda. Seorang bijak pernah           berkata: "Orang tidak peduli seberapa banyak anda tahu, sampai           mereka tahu seberapa banyak anda peduli kepada mereka."           Seorang Sales yang baik tentu perlu mempunyai banyak           pengetahuan dan wawasan, tetapi semua itu tidaklah berarti           dimata pelanggan sampai mereka tahu seberapa peduli Anda           terhadap mereka.
Bagaimana cara           menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap pelanggan Anda? Anda           bisa memulainya dari hal sederhana misalnya apakah Anda           mengetahui apa makanan kesukaan mereka, kapan tanggal lahir           mereka, apakah Anda mengenal industry pelanggan Anda dan           banyak lagi lainnya. Bayangkan bila Anda           bertemu dengan seorang pelanggan dari sebuah industry tertentu           dan Anda tidak pernah mendengar industry mereka, bagaimana           perasaan pelanggan Anda? Dan sebaliknya ketika Anda mengenal           industry pelanggan Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk           menjalin hubungan yang lebih dalam dan pada akhirnya           memudahkan Anda untuk menjual. Pelanggan akan lebih           respek dan mau menerima Anda ketika mereka tahu bahwa anda           juga memperhatikan mereka. Untuk itu sudah saatnya untuk           menunjukkan kepedulian terhadap pelanggan dan mendengarkan           Pelanggan Anda! Sebuah pelayanan           pelanggan dimulai dengan sebuah kepedulian. 
Artikel oleh : Dedy Budiman (The           Champion Sales Trainer & Penulis buku Best Seller "Setiap           Orang Sales Harus Punya Sales Script ini!)
2 komentar:
nice share post :) customer is the king
benar sekali om hari, pembeli adl raja..tp..raja tdk bole semena2...bhahahahaaaaa :p
Post a Comment
Blog ini sudah dofollow silakan komentar di bawah ini